HATI MANUSIA

Mengenal dan cara Mengobati Cacing Hati pada Manusia – Cacing hati adalah cacing parasit yang bisa mengakibatkan penyakit pada hewan dan manusia. Kenali lebih jauh terkait bahaya cacing ini dan tempat penyebarannya untuk menahan Anda dan keluarga terserang infeksi cacing hati.

 

Bagaimana cacing hati masuk ke badan manusia?

Cacing hati masuk ke tubuh manusia lewat air dan makanan mentah atau ½ masak yang sudah tercemar. Makanan yang beresiko membawa cacing hati saat tidak diolah secara baik biasanya ialah makanan laut, seperti udang, kerang, ikan, dan kepiting.

Sesudah cacing hati masuk ke badan Anda, cacing akan beralih dari usus ke aliran empedu di hati tempat parasit ini hidup dan tumbuh.

Walau jarang ada, infeksi cacing hati bisa memunculkan komplikasi sangat jarang yang bisa membahayakan pasiennya, seperti infeksi berulang-ulang pada mekanisme empedu, pembentukan batu empedu, dan kanker saluran empedu.

Paling tidak ada dua kerabat cacing hati yang bisa masuk ke badan dan mengakibatkan penyakit pada manusia, yaitu Opisthorchiidae dan Fasciolidae. Ke-2 nya diperbedakan berdasarkan transisi hidup, lokasi penyebaran, dan imbas jangka panjang sesudah terkena.

 

Tanda-tanda infeksi cacing hati

Seorang yang mempunyai infeksi cacing hati biasanya tidak merasakan gejala apapun. Gejala bisa ada saat infeksi itu sudah berlangsung lama dan memunculkan penyakit yang serius.

Adapun tanda-tanda yang kemungkinan ada dalam periode pendek ialah:

  • Demam
  • Muntah dan mual
  • Diare
  • Nyeri perut
  • Gatal-gatal

Selera makan turun sampai pengurangan berat tubuh.

Seiring waktu berjalan, cacing hati dewasa yang menghalangi aliran empedu bisa mengakibatkan kulit dan sisi putih mata warna kuning, timbulnya jaringan parut, dan infeksi bakteri pada aliran empedu. Cacing ini bahkan juga sanggup mengontaminasi dinding usus, paru-paru, kulit, atau kerongkongan.

Langkah menangani infeksi cacing hati

Infeksi cacing hati biasanya ditangani dengan memberikan obat yang bisa membantu menghilangkan cacing dari pada tubuh. Beberapa obat itu mencakup triclabendazole untuk cacing hati tipe fascioliasis, dan praziquantel atau albendazole untuk cacing tipe clonorchiasis.

Disamping itu, pemberian obat kortikosteroid jangka pendek kemungkinan diresepkan untuk pasien dengan keadaan kronis atau mungkin dengan gejala kronis. Proses pembedahan kadang dibutuhkan untuk kompleksitas periode panjang, seperti infeksi aliran empedu.

Sesudah melakukan penyembuhan, Anda kemungkinan ingin mengetahui apa cacing masih tetap ada pada tubuh atau mungkin tidak.

Bila infeksi cacing hati yang Anda rasakan mempunyai gejala, di saat cacing hati telah lenyap dari badan, Anda akan merasakan gejala mulai lenyap. Walau demikian, supaya Anda lebih percaya, cobalah untuk kembali memeriksa diri ke dokter.

Dokter biasanya akan melakukan pengecekan dengan menyaksikan keadaan feses Anda, untuk mengecek ada telur cacing hati atau mungkin tidak.

 

Metode mencegah cacing hati

Supaya Anda terbebas dari bahaya cacing hati dan menjaga fungsi hati bagi tubuh manusia, hal yang penting dilaksanakan untuk menghindarinya dengan menghindari atau kurangi mengonsumsi makanan mentah atau ½ masak, khususnya makanan laut. Jika Anda mempunyai hoby makan sushi, seharusnya pilih restaurant yang tepercaya kebersihannya makanannya.

Hal di atas termasuk juga menghindar minum air sungai atau air yang tidak untuk dikonsumsi.

Memikirkan cacing hati masuk ke badan cukup menakutkan untuk Anda. Oleh karenanya, sebisa mungkin jauhi konsumsi makanan yang bisa mengakibatkan infeksi ini. Selalu masak makanan Anda sampai betul-betul masak supaya terjaga keamanannya.

Disamping itu, cepatlah tanyakan diri Anda ke dokter bila Anda merasa alami gejala-gejala sama seperti yang berada di atas. Bila Anda pergi ke daerah yang beresiko cacing hati, yakinkan untuk hanya konsumsi makanan yang telah diolah dengan baik sekali sampai betul-betul masak.

Walau tidak bisa menyebar dari manusia ke manusia, seorang bisa beresiko alami Infeksi cacing hati bila konsumsi makanan yang serupa.

Penutup: Penyakit cacing hati ini memang tidak bisa dihiraukan begitu saja, mengingat gejala yang ditimbulkan dan bagaimana penyebarannya. Sekian pemerintah artikel pada kesempatan ini, semoga bermanfaat.!

Comments are closed.